Windows vs. Mac: Mana Yang Lebih Baik?

0
106

Bicara soal laptop, sudah pasti rasanya semua orang membutuhkan. Di zaman informasi serba cepat dan dituntut untuk selalu up-to-date, smartphone saja tidak cukup. Perlu adanya device lain yang lebih komprehensif dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti laptop.

Ada beberapa keunggulan laptop dibanding PC atau personal computer:

Laptop bisa digunakan dimana saja

Keunggulan terbesar laptop adalah kemampuannya yang bisa mobile alias digunakan dimana saja. Bayangkan jika kamu sedang mengikuti sebuah webinar seru mengenai perkembangan bisnis, tetapi kamu juga perlu untuk memasak atau packing barang dagangan. Letakkan saja laptop di dekatmu!

Mungkin kamu berpikir bahwa smartphone akan lebih praktis, namun secara fitur dan juga layar, tentunya laptop memiliki keunggulan dan memberikan pengalaman webinar yang lebih bermakna. 

Sambil rebahan juga bisa

Khususnya bagi pekerja kreatif, laptop menjadi kebutuhan esensial. Kamu tidak perlu lagi terbangun dari kasur dan melangkah menuju meja komputer jika ingin berdiskusi dengan teman di Slack atau membuka blog untuk menulis ide. Bawa saja laptopmu ke atas kasur dan bersantailah menikmati proses kreatif.

Baca juga: Dear Nokia, Apa Kabarmu Sekarang?

Saat urgent, laptop bisa lebih baik

Tidak ada yang pernah tahu kapan beasiswa atau dana hibah usahamu diumumkan. Belum lagi jika ternyata harus disertai data-data pendukung yang harus dikirim saat itu juga! Di sinilah laptop bisa menyelamatkan hidupmu.

Cukup nyalakan tombol power, kamu bisa mengirimkan data-data urgent  yang tidak boleh terlambat sedikit pun dengan santai! Tidak ada lagi alasan “Saya tidak di rumah”, langsung saja kerjakan dari mana saja, bahkan dengan posisi berdiri sekalipun.

Performa lebih cepat daripada PC

Memang tampaknya PC selalu diagungkan dengan kemampuannya bermain game atau kecepatan pemrosesan. Tapi bukan berarti laptop sangat inferior bahkan tidak layak digunakan, ya!

Salah satu alasan kenapa PC populer untuk pekerjaan berat adalah kebebasan kustomisasi komponen-komponennya. Sedangkan di laptop, kamu akan mendapatkan sesuai yang kamu beli. Nah, tinggal menyesuaikan apakah kamu akan membeli laptop dengan kemampuan yang bagus atau tidak? Tentu melihat kebutuhan juga, ya!

Jika kamu berkutat pada pekerjaan seperti mahasiswa, menulis, freelance, hingga developer, maka laptop pun sudah lebih dari cukup, kok!

Tidak memakan tempat

Ini dia poin kelebihan laptop yang terakhir. Tentunya kamu tidak perlu membersihkan meja dan menyiapkan meja yang luas untuk berbagai perangkat PC, bukan? Cukup meja untuk duduk, letakkan laptop, dan bekerjalah!

Windows vs. Mac, kok harus memilih?

Jika sudah mantap mau membeli laptop, maka kamu juga harus menentukan operating system-nya. Apakah Windows  atau Mac OS? Lho memang bedanya apa?

Seperti yang kita tahu, Windows adalah sistem operasi besutan Microsoft yang sangat mendunia. Bisa dibilang Windows ini merajai dunia laptop dengan 1.5 miliar orang di dunia menggunakan sistem operasi ini.

Sedangkan Mac OS adalah sistem operasi dari Apple yang eksklusif hanya ada di Macbook saja. Mac OS populer di kalangan desainer dan developer tetapi tidak jarang bisa kamu temui pada mahasiswa bahkan ibu rumah tangga.

Tentunya kamu jadi semakin penasaran siapa yang memenangkan persaingan Windows vs. Mac, bukan? Ya, keduanya bersaing sengit dan tidak jarang mampu membuat dilema pengguna laptop. Bahkan orang yang sudah bertahun-tahun menggunakan Windows pun masih penasran dengan Mac OS dan ingin mencobanya!

Untuk mencari tahu pilihan dari Windows vs. Mac, kami sudah merangkum bagian mana yang menjadi keunggulan laptop Windows vs. Mac dan mana saja yang menjadi keunggulan Mac.

Baca juga: Kenalan dengan Sejarah iPhone, Yuk!

Keunggulan laptop Windows

  1. Sangat familiar

Menggunakan PC atau laptop Windows bukanlah hal aneh. Bahkan bisa dibilang inilah sistem operasi yang selalu diajarkan kepada kita sejak zaman sekolah. Karena itu laptop Windows memiliki keunggulan yaitu mudah digunakan dan cepat dipelajari.

  1. Ada tombol start yang membantu pengguna mencari aplikasi

Windows menawarkan tombol START yang menampilkan semua aplikasi yang terinstal. Nah ini memudahkan pengguna untuk mencari aplikasi yang dicari.

Sedangkan Mac OS tidak memiliki tombol start. Tetapi diganti dengan DOCK atau kumpulan shortcut program yang sering digunakan. Ada pula LAUNCHPAD yang berisi semua program-program yang terinstal tapi kurang familiar.

  1. Banyak driver hardware yang diciptakan untuk Windows

Jika kau termasuk pengguna VR, headphone bluetooth, hingga berbagai hardware tambahan untuk bekerja, maka sepertinya Windows lebih baik daripada Mac. Ini dikarenakan dukungan driver lebih banyak sehingga memudahkanmu menginstal dan menggunakan hardware tambahan!

  1. Menggunakan 3D dan VR support

Masih berkaitan dengan poin di atas, Windows juga sudah support 3D dan VR, lho! Buat kamu yang rajin bermain game atau mengembangkan program di VR tentunya akan sangat berguna, ya!

  1. Gaming yang ciamik

Keunggulan Windows yang diagung-agungkan adalah dukungan dan kemampuannya untuk bermain game yang maksimal. Game-game di Windows jauh lebih suportif dan performanya superior dibanding Mac OS. Bisa dibilang, gamer wajib banget punya Windows, ya!

  1. Cocok untuk difabel

Dukungan aksesbilitas tambahan seperti text naration, American Sign Language untuk mempermudah teman-teman difabel mengakses dan bekerja dengan Windows. Tidak ada alasan untuk tidak kagum pada teman-teman difabel yang produktif!

  1. Murah!

Alasan terbesar penggunaan Windows adalah lebih murah daripada MacOs dan Macbook. Kamu cukup membeli laptop dengan harga di bawah Macbook dan sudah mendapatkan sistem operasi Windows yang lengkap.

Keunggulan Macbook

  1. Tampilan lebih indah

Jujur saja, tampilan Macbook lebih indah daripada Windows. Layar Macbook lebih cerah serta Mac OS memiliki tampilan lebih user-friendly

  1. Integrasi aplikasi bawaan yang sangat mudah

Masing-masing aplikasi bawaan bisa bekerja bersinergis dengan aplikasi lainnya. Seperti ketika kita mendownload file dari Safar dan bisa langsung dibuka dengan Preview bahkan edit langsung! Sangat mudah dan tidak membebani RAM maupun performanya.

  1. Sangat aman dan privasi terjamin

Setiap kali aplikasi akan memproses data pribadi kamu akan muncul notifikasi untuk memberikan izin. Tentunya kamu juga bisa menolak dan tidak ada sanksi apapun. Berbeda dengan aplikasi Windows yang tiba-tiba bisa bocor dan membagikan informasi pribadi kamu.

Selain itu, Mac OS juga dikenal tidak memiliki virus yang bisa menerobos dinding pertahanannya. Luar biasa!

  1. Dukungan aplikasi pihak ketiga yang lebih beragam

Layaknya iPhone, Mac OS memiliki aplikasi pihak ketiga yang jauh lebih beragam dan kompatibel di berbagai device. Tampilannya pun juga sudah dioptimalkan di Mac OS sehingga tidak seperti aplikasi smartphone yang dibesarkan!

  1. Software bawaan gratis dan profesional

Tidak main-main, software bawaan Mac OS yang gratis ternyata profesional, lho! Mulai dari Garage Band, iMovie, hingga Keynote dan Numbers bisa kamu dapatkan secara gratis tanpa membeli lisensi lagi. Semuanya memiliki performa papan atas yang bikin kamu tampak semakin profesional!

  1. Tidak ada bloatware!

Inilah keuntungan selanjutnya yang memenangkan Mac di persaingan Windows vs. Mac. Tidak ada aplikasi tambahan yang tidak berguna dan memenuhi memori penyimpanan di Mac OS. Bayangkan, laptop terbaru Windows bahkan sudah terinstal aplikasi Candy Crush! Tentunya sangat merepotkan jika harus menghapusnya satu per satu.

Nah dari perbandingan keduanya, mana yang kira-kira akan kamu pilih? Ingat, jangan lupa untuk terus menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan, ya! Jangan sampai memaksakan diri membeli laptop paling mahal tetapi kebutuhannya hanya menggunakan 1 aplikasi saja. Selamat memilih laptop terbaik untukmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here