Sukses Jadi Entrepreneur Muda

0
117

Saat ini trend-nya adalah berwirausaha, atau jadi entrepreneur. Berlomba-lomba anak-anak muda menciptakan berbagai jenis usaha. Mereka tampaknya tak pernah kehabisan ide.

 

Saya termasuk yang terkena “racun”-nya. Saya berangkat dari nol, dengan mimpi besar tentunya. Saya belajar pada berbagai guru, berpindah dari satu kota ke kota lain, saya coba beberapa bidang usaha sampai akhirnya menemukan yang klik di hati.

 

Kalau dulu saya harus menghitung setiap rupiah yang saya keluarkan, kini saya tidur pun rekening saya tetap terisi. Ada royalti buku, ada iklan dari website, ada dari toko online dan lain-lain.

 

Menjadi entrepreneur muda memang menyenangkan. Namun tak semua orang tahu caranya. Maka melalui website ini, saya ingin mengajak Anda meraih impian Anda, merajut jalan sukses Anda.

 

Jika menjadi entrepreneur adalah jalan yang Anda pilih untuk meraih impian Anda, kami punya beberapa tips sukses untuk Anda :

 

  1. Berani memulai
    Entrepreneur pemula kadang terjebak pada idealisme yang sempurna. Akibatnya, mereka tak kunjung memulai usaha / bisnisnya. Menunggu ini dan itu.
    Nah, jika Anda ingin menjadi entrepreneur yang sukses, maka segeralah mengambil langkah pertama Anda. Tak apa belum sempurna, Anda bisa memperbaiki seiring berjalannya waktu. Tapi juga bukan berarti Anda gegabah melangkah.

 

  1. Sesuaikan dengan passion atau hobby
    Menjadi entrepreneur yang sukses adalah sebuah perjalanan jangka panjang. Tak bisa ditempuh dalam waktu sehari dua hari, seminggu dua minggu. Karenanya, penting bagi Anda untuk memilih bidang usaha / bisnis yang sesuai dengan passion, hobby atau kegemaran Anda. Dengan demikian, Anda akan menjalankan usaha / bisnis Anda dengan gembira karena Anda menyukainya.

 

  1. Fokus
    Fokus pada usaha / bisnis yang sedang Anda jalani akan membuat usaha / bisnis Anda berkembang dengan baik. Banyak pengusaha pemula yang baru menjalankan bisnis sudah merasa sukses, lalu membuka usaha / bisnis yang lain. Sayangnya sikap seperti ini justru menyebabkan pecah fokus dan bisa berujung pada kegagalan.

 

  1. Semangat, ulet & kerja keras
    Ciri-ciri entrepreneur yang sukses adalah memiliki sikap semangat, ulet & kerja keras. Menjadi entrepreneur tidak lah mudah. Semangat, ulet & kerja keras dibutuhkan seorang entrepreneur dalam menghadapi tantangan & kesulitan yang mungkin timbul dalam membesarkan usaha / bisnis.

 

  1. Berani gagal & ambil resiko
    Dalam menjalankan usaha / bisnis, entrepreneur yang sukses cenderung tidak banyak menghabiskan waktu untuk menganalisis keadaan yang ada. Mereka melihat situasi, bergerak cepat, siap dengan resiko dan siap mengambil pelajaran jika mengalami kegagalan.
    Maka jika menjadi entrepreneur sukses adalah impian Anda, siapkan mental Anda untuk berani gagal & ambil resiko.

 

  1. Jeli mengatur keuangan
    Tidak ada entrepreneur sukses yang tidak pandai mengatur keuangan. Aspek keuangan adalah aspek penting dalam sebuah usaha / bisnis. Pastikan Anda aspek ini tidak luput dari perhatian Anda.
    Pisahkan keuangan usaha / bisnis Anda dari keuangan pribadi. Selain itu Anda juga harus bisa menunda kesenangan. Jangan buru-buru menikmati keuntungan usaha / bisnis Anda, tapi investasikan kembali, putar kembali. Niscaya usaha / bisnis Anda semakin besar.

 

  1. Kreatif & inovatif
    Bicara bisnis adalah bicara persaingan. Dengan derasnya arus informasi yang ada saat ini, mudah sekali bagi orang lain untuk mendirikan usaha / bisnis yang sama dengan milik Anda. Untuk itu, untuk menjadi entrepreneur yang sukses Anda haruslah kreatif & inovatif. Anda harus pintar-pintar memberikan nilai tambah pada usaha / bisnis Anda, menjadikannya unik & berbeda dari pesaing Anda.

 

 

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus Anda cermati dan lakukan agar bisa meraih kesuksesan dalam usaha / bisnis. Tentu tidak instan, karena semua membutuhkan proses. Tapi jika Anda tekun menjalankannya niscaya menjadi entrepreneur sukses bukan hanya sekedar mimpi.

 

Salam sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here