Mengendalikan Keuangan = Mengendalikan Masa Depan

0
270

Banyak orang merencanakan pensiun muda, pensiun kaya. Bahkan mengikuti banyaknya pelatihan tentang bagaimana merencanakan keuangan pun mereka ikuti.


Namun, pada pelaksanaannya tidak semudah apa yang di ajarkan. Belajar saja mudah, namun mempraktekan, membedakam kebutuhan dan keinginan tidaklah semudah itu.


Terkadang niat ada namun pada prakteknya nihil. Alhasil bukannya rencana keuangan tercapai, malah yang ada jalan di tempat, dan bahkan semakin minus dari hari ke hari.


Poin penting yang harus kita miliki untuk pensiun muda, pensiun kaya adalah dengan mengendalikan diri sendiri terlebih dahulu. Karena secanggih apa pun rencana yang sudah kita buat dan siapkan, namun jika diri sendiri masih belum bisa dikendalikan, misal kita belum bisa mendahulukan kebutuhan atau keinginan.


Selanjutnya, kita harus melek secara finansial dan tahu mau di taruh dimana sebagian income yang kita hasilkan setiap bulannya. Disini kita berbicara investasi. Dan saran saya, taruhlah uang dimana kita memiliki kendali atas uang yang kita investasikan.


Banyak instrumen investasi yang bisa memberikan imbal hasil 20% bahkan lebih dari 100% dalam satu tahunnya.


Namun, sebelum itu Anda perlu memperdalam terlebih dahulu pengetahuan finansialnya.


Anda dapat mempelajari cara mudahnya di Passive Income Blueprint

Wawasan saya semakin bertambah, dan aset saya bertumbuh minimal 30% setiap tahunnya.
Mau kan?
Anda harus melek secara finansial terlebih dahulu 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here