Dalam perjalanan meraih sukses, waktu adalah uang. Semakin baik Anda dalam mengatur waktu Anda, maka semakin efektif kerja Anda dan semakin dekat Anda dengan kesuksesan.

 

Terkait time management, bangun pagi atau memulai hari lebih awal dengan gembira dan bersemangat adalah kunci kesuksesan satu hari. Jika di pagi hari Anda loyo, jangan harap Anda bisa menyelesaikan deal-deal besar dalam hari tersebut.

 

Nah, mengingat pentingnya bangun pagi, berikut tips yang bisa Anda terapkan agar Anda bisa bangun lebih awal, dengan bugar dan gembira :

 

  1. Rencanakan menu sarapan yang menggugah selera
    Sarapan adalah bahan bakar energi Anda dalam satu hari. Walaupun dalam porsi kecil dan dengan menu sederhana, sebaiknya Anda tidak melewatkan waktu sarapan.
    Agar Anda semangat unt bangun di pagi hari, pikirkan atau rencanakan di malam sebelumnya menu sarapan istimewa Anda. Bayangan lezatnya sarapan pagi bisa menjadi pancingan untuk Anda segera bangun dan memulai hari.

 

  1. Matikan lampu, tidurlah dalam gelap
    Penelitian menunjukkan, bahwa mereka yang tidur dalam gelap atau minim cahaya mendapatkan kualitas tidur yang jauh lebih baik dibandingkan mereka yang tidur dengan lampu menyala.
    Saat Anda tidur dalam gelap, tubuh Anda akan jauh lebih rileks dan keesokan harinya Anda jauh lebih bugar. Bangun segar di pagi hari jelas bukan lagi angan-angan.

 

  1. Satu gelas air putih sebelum tidur
    Saat kita tidur, beberapa organ tubuh tetap bekerja. Minum satu gelas penuh air putih sebelum tidur akan membantu Anda untuk bangun dengan bugar di keesokan harinya. Air putih menghindarkan tubuh Anda dari dehidrasi yang bisa menyebabkan Anda lemas & loyo.

 

  1. Atur suhu ruang tidur Anda
    Suhu ruangan saat Anda tidur sangat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Semakin nyenyak & berkualitas istirahat malam Anda, maka semakin bugar Anda di pagi hari.
    Tanyakan pada diri Anda apakah Anda membutuhkan air conditioner, atau cukup kipas Angin, atau malah penghangat ruangan? Jika Anda menggunakan AC, atur suhunya dengan baik. Ataukah Anda membutuhkan selimut hangat yang tebal. Atur sesuai selera dan kebutuhan tubuh Anda.

 

  1. Bijak memilih pengantar tidur
    Tidak jarang kita merasa mengantuk namun sulit untuk memejamkan mata. Jika ini terjadi pada Anda, hindari memainkan smartphone Anda. Akan lebih baik jika Anda mengambil buku bacaan dan mulai membaca. Membaca buku sebelum tidur bisa membawa otak Anda lebih rileks sehingga Anda lebih mudah jatuh tertidur.
    Selain membaca, Anda bisa juga memilih yoga, meditasi atau relaksasi sebagai kegiatan pengantar tidur. Kegiatan ini akan membawa otak dan tubuh Anda menjadi rileks.

 

  1. Tulis rencana kerja untuk esok hari
    Pepatah bijak mengatakan, orang yang gagal merencanakan, berarti merencanakan kegagalan.Pepatah itu mengingatkan kita betapa pentingnya sebuah planning / perencanaan.

Sebelum istirahat tidur di malam hari, pastika Anda sudah menuliskan dengan detail rencana kegiatan Anda esok hari. Ini akan membantu Anda bangun dengan bugar dan memiliki motivasi untuk menyelesaikan apa yang Anda rencanakan.

 

  1. Matikan HP Anda
    Sebagai pelaku bisnis, atau pekerja yang sibuk, tentu komunikasi via smartphone sangat penting. Namun ada baiknya Anda mematikan smartphone Anda di malam hari. Biarkan tubuh Anda beristirahat agar bugar di pagi hari.

 

Itu tadi beberapa tips agar Anda bisa bangun dan memulai hari dengan lebih baik agar hari Anda lebih efektif. Selamat mencoba 🙂

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here