Siapa tidak mengenal smartphone dengan logo apel tergigit ini? iPhone seolah menjadi smartphone yang sangat umum dan diasosiasikan dengan ‘kalangan atas’. Tidak jarang banyak masyarakat berlomba-lomba untuk membeli iPhone hanya agar dipandang berkelas dan tampak mewah. Bagaimana dengan Anda?

Tidak hanya nama yang prestise, tetapi iPhone memang memiliki segelintir keunggulan yang membuatnya merajai pasar smartphone di seluruh dunia. Mulai dari kemudahan untuk penggunaan hingga hardware yang berkualitas tinggi. Tidak heran bila iPhone menjadi kompetitor utama smartphone Android!

Memangnya faktor-faktor apa saja yang membuat iPhone semakin ciamik? Sebelum mengulik sejarahnya, yuk ketahui kenapa iPhone bisa mencuri perhatian para pengguna smartphone!

Keunggulan iPhone pertama: Sangat cepat

Jika saat menggunakan Android kita cenderung bertanya-tanya berapa RAM-nya, Anda tidak perlu berpikir repot tentang hal ini! Sistem RAM atau random access memory sangat optimal di iPhone.

Berbeda dengan Android yang mengandalkan ruang kosong RAM untuk memproses aplikasi, iPhone bisa dengan mudah mengoptimalisasikannya dengan memindahkan aplikasi yang tidak aktif menjadi kondisi tidur dan memprioritaskan aplikasi yang sedang diubah.

Baca juga: Dear Nokia, Apa Kabarmu Sekarang?

Psst, sekadar bocoran. iPhone 8 yang diproduksi tahun 2017 hanya memiliki 2 GB RAM saja, lho! Tetapi tentunya sangat berbeda dibandingkan Android dengan kapasitas RAM yang sama, bukan?

Integrasi sistem operasi yang sangat pas dengan hardware

iOS adalah sistem aplikasi yang bersifat closed-source alias tidak dapat digunakan oleh pengembang atau produsen smartphone lainnya. Berbeda dengan Android yang bisa kamu temukan baik di Samsung, LG, bahkan smartphone lokal sekalipun.

Apa dampaknya? Terdapat perbedaan optimalisasi aplikasi maupun sistem operasi antara iOS dengan Android. Sebagai contoh, Instagram Story di iPhone memiliki resolusi dan fungsi yang jauh lebih lengkap karena dukungan kamera. Sedangkan Android? Belum tentu!

Ini dikarenakan meskipun hardware yang digunakan berbeda antara smartphone premium dan budget, namun keduanya sama-sama menggunakan Android dan aplikasi yang sama. Sehingga pengembang aplikasi tidak bisa menyamaratakan semua fitur aplikasi untuk semua smartphone.

Tidak memaksakan diri untuk update, atau menghambatmu

Pernahkah Anda mendapatkan notifikasi untuk update beberapa software seperti security patch atau sistem operasi? Jika notifikasi itu tidak hilang-hilang, maka besar kemungkinan Anda sedang menggunakan sistem operasi Android!

Keunggulan iOS adalah Anda tidak harus memaksakan diri update sekarang juga dan terpaksa meninggalkan banyak hal hanya menunggu smartphone Anda selesai update.

Selain itu, jadwal untuk update selalu sama bagi semua iPhone jika memang masih memungkinkan untuk update sistem operasi. Tidak ada lagi tunggu menunggu karena produsen smartphone yang berbeda!

Aplikasi yang terseleksi sempurna di App Store

Seberapa sering kamu menemukan aplikasi-aplikasi yang tidak berguna di Android? Baik, mungkin bukan tidak berguna, tetapi juga tidak nyaman digunakan atau bahkan scam alias penipuan!

iOS memiliki sistem seleksi aplikasi yang sangat ketat dan tidak akan membiarkan aplikasi-aplikasi ‘receh’ memenuhi App Store. Inilah mengapa meskipun Anda mungkin menemukan aplikasi yang kurang sesuai dengan kebutuhan Anda, tetapi pastinya aplikasi tersebut bagus, berkualitas, dan aman!

Tidak ada aplikasi tambahan yang merepotkan!

Apakah Anda pernah mendengar istilah bloatware? Ini adalah istilah yang mengacu pada aplikasi-aplikasi bawaan ketika Anda membeli smartphone, tetapi sebenarnya tidak Anda butuhkan. Lebih parahnya, umumnya aplikasi tersebut merupakan aplikasi pihak ketiga dan memiliki ukuran yang tidak kecil!

Jika Anda membeli iPhone, Anda tidak akan mendapatkan aplikasi bloatware. Anda hanya mendapatkan aplikasi bawaan Apple yang sangat bagus, tidak merepotkan, dan tentunya bermanfaat untuk Anda seperti notes atau find my iPhone.

Menarik bukan keunggulan-keunggulan iPhone di atas dibanding Android? Nah sekarang mari kita lihat, bagaimana sih proses terjadinya iPhone hingga mendunia seperti saat ini!

Ide jenius mendiang Steve Jobs

Bayangkan suatu hari Anda bekerja di Apple, Inc. dan tiba-tiba Steve Jobs, CEO Apple yang dikenal dengan ide-ide kreatifnya, meminta Anda untuk mengombinasikan touchscreen dengan komputer tablet. Tentu terkejut, bukan?

Tetapi ternyata ini ada alasannya, lho! Steve Jobs ingin memaksimalkan touch screen sebagai inovasi baru di dunia teknologi, tetapi bukan sebagai komputer melainkan sebuah handphone yang tentunya mudah untuk digunakan dan bisa dibawa kemana saja. Dengan catatan, smartphone ini bisa melakukan sinkronisasi dengan device yang lebih banyak.

Perkembangan pesat dari iPod

Meskipun permintaan Steve Jobs adalah untuk mencari kolaborasi antara touchscreen dengan tablet (yang nantinya menjadi iPad), Steve Jobs ingin fokus pada iPod touch yang tentunya memiliki kesamaan rupa dengan iPhone!

Pada saat ini juga Apple meluncurkan iTunes yang bisa sinkronisasi antar iPod sehingga Anda tidak perlu repot memindahkan lagu dari satu iPod ke iPod lainnya.

Sempat bekerja sama dengan Motorola, lho!

Pada tahun 2005, Apple berkolaborasi dengan Motorola untuk menciptakan Motorola ROKR E1, satu-satunya smartphone yang dapat menggunakan iTunes. Lalu mengapa tidak dilanjutkan?

Rupanya Steve Jobs tidak puas dengan tampilan ROKR! Dia beranggapan bahwa jika bekerja sama dengan pihak di luar Apple tidak akan bisa menciptakan desain yang sesuai dengan visi dan misi Apple.

Dari sinilah akhirnya muncul ide menciptakan iPhone.

iPhone 2G: iPhone pertama di dunia

Dikenal juga sebagai iPhone 1, iPhone ini diluncurkan pada tahun 2007 yang mendukung GSM dengan maksimal koneksi selular berbasis GPRS. Menariknya, iPhone ini menjadi salah satu smartphone pertama di dunia yang mengedepankan fungsi internet menggunakan Safari, lho!

Ya, bayangkan ketika semua orang sedang asyik berkirim pesan lewat SMS, tiba-tiba ada teman di sampingmu sedang browsing!

Ini adalah breakthrough di dunia ponsel, dimana sebelumnya internet hanya bisa diakses lewat komputer atau PDA.

iPhone sebagai pelopor smartphone modern

Banyak kritikus yang menyatakan kekaguman terhadap inovasi ini. Umumnya, touchscreen hanya bisa dioperasikan dengan stylus serta banyak tombol fisik yang mengelilingi layar. Namun iPhone berhasil mendobrak stereotip ini dengan menyajikan touchscreen kapasitif pertama dengan tombol yang super minimalis!

Selain itu bentuk iPhone yang compact terus berkembang menyesuaikan masa. iPhone 4 menyajikan casing kaca yang elegan, iPhone 5 memiliki bentuk kotak layaknya iPhone 4 namun metal, hingga rounded edge dari iPhone 6-8.

Yang terjadi selanjutnya bisa kita lihat sebagai sejarah hidup

Semenjak iPhone 3G masuk ke Indonesia, kita bisa melihat bahwa iPhone pun semakin dekat di masyarakat. Bukan hanya soal iPhone itu sendiri, tapi banyak smartphone lain yang terinspirasi dengan inovasi-inovasi besutan Apple!

Layar penuh touchscreen, fitur tampilan iOS yang tidak memiliki application drawer, serta yang terbaru adalah triple camera yang mengundang banyak orang untuk mencoba. Anda bisa menyaksikan produsen smartphone lain juga berlomba-lomba mengaplikasikan hal ini!

Ada kisah menakjubkan di balik munculnya Apple. Mulai dari sebuah inovasi hingga layanan kepuasan pengguna yang bikin produsen lain iri! Semoga bisa menginspirasi Anda agar terus berkarya dan siapa tahu, seluruh dunia akan mengikuti Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here