Cara Memilih Saham yang Cepat Untung

0
34

Banyak orang yang ingin investasi saham. Mereka bertanya kepada saya, bagaimana cara pilih saham yang cepat untung? Inilah jawaban yang bisa saya jabarkan.

Pilih Perusahaan Bagus untuk Saham yang Cepat Untung

Saham yang cepat untung adalah saham yang perusahaannya bereputasi baik atau bisa dibilang bagus. Perusahaan yang bagus berarti menghasilkan keuntungan sehingga berdampak positif pada investasi saham Anda.

Bagaimana kriteria perusahaan yang bagus? Nah, sekarang saya akan membuktikan pentingnya perusahaan yang bagus demi saham yang cepat untung.

1. Perusahaan yang Memiliki Pertumbuhan Keuntungan

Bicara tentang saham yang cepat untung dari perusahaan yang baik, artinya kita membahas sesuatu yang fundamental. Hal fundamental yang saya maksud adalah pertumbuhan keuntungan perusahaan.

Perusahan yang menguntungkan akan mengalahkan perusahaan yang harganya mahal. Pertumbuhan adalah hal yang paling penting dibandingkan untung atau tidaknya sebuah perusahaan. Pertumbuhan untung perusahaan yang lebih besar akan menghasilkan nilai yang lebih tinggi.

Saya akan memberikan contoh yang mudah untuk menjelaskan pentingnya pertumbuhan. Perusahaan A memiliki nilai pertumbuhan untung setiap tahunnya 10 persen dan B sebanyak 20 persen. Harga saham perusahaan A adalah Rp500 dan B sejumlah Rp800.

Kedua perusahaan ini memiliki keuntungan yang sama, yakni Rp50 per lembar. Harga saham perusahaan A memang sudah jelas lebih murah daripada B. Namun, apakah keuntungan perusahaan A lebih besar daripada perusahaan B?

Jika melihat pertumbuhan laba per lembar saham, maka perusahaan B jauh lebih menguntungkan karena menunjukkan balik modal yang sangat cepat. Jadi, perusahaan mana yang akan Anda pilih? Tentu saja perusahan B karena lebih cepat untung.

Baca juga: Cara Investasi Modal Kecil, Untung Besar

2. Perusahan dengan Pertumbuhan Laba yang Stabil

Tujuan utama kita memang berinvestasi di perusahaan dengan saham yang cepat untung. Namun, saya ingin menanamkan prinsip yang tidak kalah penting kepada Anda. Ketika mencari saham, jangan hanya langsung melihat nilai keuntungannya.

Anda harus fokus mencari saham yang memiliki pertumbuhan laba yang stabil dan cepat. Menurut saya, carilah saham yang pertumbuhan labanya stabil. Anda harus tahu bahwa pertumbuhan keuntungan yang sangat tinggi belum tentu stabil.

Mengapa diperlukan laba yang stabil daripada tinggi? Anda dapat menyimak penjelasan studi kasus perusahaan dengan pertumbuhan laba yang stabil pada salah satu video di kanal YouTube saya.

Di video tersebut saya menegaskan supaya jangan sampai pertumbuhan laba perusahaan mencapai banyak angka minus. Ingat, utamakan kestabilan! Anda juga bisa melihat laporan keuangan perusahaan dengan pertumbuhan laba yang stabil.

3. Perusahaan yang Bagus Tidak Banyak Berutang

Tujuan utama berinvestasi saham pada perusahaan adalah mencari keuntungan. Jadi jangan sampai Anda salah memilih perusahaan. Perusahaan mampu membagi saham yang cepat untung jika perusahaan tersebut tidak banyak berutang.

Saya tidak mengatakan perusahaan tidak boleh berutang karena hal tersebut cukup mustahil. Penegasan saya adalah memilih perusahaan yang berutang dengan bijaksana dan lebih memaksimalkan kinerja perusahaan.   

Pilih Saham yang Mudah Dibeli dan Dijual agar Cepat Untung

Anda ingin pilih saham yang cepat untung? Kalau begitu, jangan hanya pilih saham yang mudah dibeli, tapi susah dijual.

Dalam istilah keuangan, kita harus mengenal saham yang likuid. Artinya, saham dapat dibeli dan dijual karena peminat dari kedua transaksi ini selalu banyak.

Untuk melihat likuiditas saham yang baik, saya menyarankan agar Anda memilih saham pada daftar LQ45. Dengan melihat indeks tersebut, kita bisa mengetahui saham yang telah teruji likuiditasnya dalam beberapa tahun.

Baca juga: Investasi Bagi Kaum Rebahan

Sebenarnya memilih saham yang cepat untung adalah hal yang cukup sederhana. Jadi, saham yang untung cepat didapatkan dari perusahaan dengan laba yang tinggi, tumbuh, dan stabil. Selain itu, pilihlah saham yang mudah dibeli dan dijual.

Source: RyanFilbert.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here