Cara Agar Investasi Reksadana Anda Untung Terus

0
27

Ada beragam jenis investasi yang bisa Anda pilih saat ini. Salah satu jenis investasi tersebut adalah Investasi Reksadana. Ada beragam pilihan perusahaan investasi reksadana yang bermunculan dan berlomba-lomba menawarkan layanannya melalui keuntungan yang ditawarkan.

Jika Anda sudah memulai investasi reksadana, maka Anda tentu ingin tahu kinerjanya bukan? Apakah investasi yang Anda pilih itu memberikan keuntungan atau justru sebaliknya. Hal ini penting agar Anda tidak menyia-nyiakan uang dan waktu yang sudah Anda keluarkan untuk investasi.

Lantas, bagaimana cara investasi reksadana yang benar agar Anda memperoleh keuntungan? Berikut ini ada beberapa cara untuk melihat kinerja investasi reksadana yang sudah Anda pilih.

1. Review Laporan Reksadana yang sudah Anda terima setiap bulan

Pertama, Anda bisa mengecek dan meninjau laporan reksadana yang sudah Anda terima setiap bulannya. Cara ini merupakan cara termudah yang dapat Anda lakukan. Untuk jangka waktu laporan tergantung dengan jenis reksadana yang Anda pilih.

Reksadana yang tinggi resiko seperti reksadana saham memerlukan review laporan minimal 6 bulan ke belakang. Untuk reksadana yang minim resiko seperti reksadana pasar uang hanya memerlukan review laporan setiap bulannya.

2. Bandingkan Reksadana Saham dengan Reksadana Saham Lainnya dan Indeks Harga Saham Gabungan

Anda juga dapat membandingkan platform reksadana saham dengan kompetitot serupa lainnya serta Indeks Harga Saham Gabungan. Jika Anda merasa kinerjanya berkurang dan keuntungan tidak sebanding dengan yang telah Anda keluarkan, maka sudah saatnya untuk pindah ke reksadana saham lainnya. Namun, Anda tetap harus membandingkannya dalam kurun waktu 6 bulan sebelum dan 6 bulan sesudahnya.

3. Membuat Peringkat Reksadana Saham berdasarkan Performa per Bulan

Cara ini merupakan salah satu cara yang tim kami lakukan dalam investasi reksadana. Kami membuat review mengenai reksadana dan memberikan peringkat reksadana saham. Peringkat didasarkan oleh performa reksadana saham setiap bulannya. Masing-masing bulan bisa memiliki peringkat yang berbeda, walau platform-nya sama.

Baca juga: Cara Investasi Modal Kecil, Untung Besar

Tak hanya peringkat per bulan, kami juga memberikan peringkat per tahunnya untuk lebih memahami kinerjanya selama setahun penuh.

4. Jangan Terburu-buru Menjual Reksadana Anda Ketika Dirasa Belum ada Keuntungan

Anda merasa tempat Anda berinvestasi kurang menguntungkan, lantas Anda terburu-buru menjual reksadana Anda. Alangkah baiknya untuk tidak terburu-buru menjualnya. Tunggu dulu selama periode 6 bulan hingga 1 tahun.

Pantaulah kinerja reksadana Anda. Apakah kinerjanya cenderung membaik, stagnan, atau justru menurun? Jika Anda telah melihat kinerjanya, maka Anda mampu mengambil keputusan yang terbaik untuk investasi reksadana Anda.

Itulah sejumlah cara investasi reksadana untuk mengetahui untung atau tidak investasi tersebut. Sebenarnya, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Terminal. Namun, aplikasi tersebut tergolong mahal dan artinya Anda butuh modal lagi untuk menggunakan aplikasi tersebut. Bagi investor pemula, hal ini tentu memberatkan.

Namun, Anda tak usah khawatir. Tim kami memiliki solusi bagi Anda yang ingin memantau performa investasi reksadana tanpa mengeluarkan biaya mahal. Tim kami siap untuk membantu Anda melalui online course tentang cara investasi reksadana yang menguntungkan. Tersedia pula sejumlah seminar dan workshop online yang sering kami selenggarakan.

Anda tertarik untuk mengetahui cara investasi reksadana yang menghasilkan keuntungan? Simak ulasan video lainnya mengenai investasi di channel YouTube Kami. Jangan lupa untuk klik dan subscribe agar Anda bisa memperoleh informasi terkait cara investasi reksadana maupun investasi lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here