Bebas Secara Finansial Itu MUDAH!

0
194

Tahukah Anda, bahwa untuk bebas secara finansial itu lebih mudah daripada menjadi kaya?

Banyak orang mengartikan, bebas finansial merupakan kondisi dimana kita tidak lagi menghawatirkan untuk membeli sesuatu yang kita inginkan. Benarkah demikian?

Hmmm.. Bisa benar, bisa juga tidak.

Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam mengartikan bebas finansial. Namun di tulisan saya kali ini, saya akan manyampaikan bahwa untuk bebas finansial itu memang sangat mudah.

Untuk bebas secara finansial, kita perlu hidup dengan pantas (karena sederhana hanya punya rumah makan padang), secukupnya dan bebas hutang, sehingga tidak perlu lagi memikirkan bagaimana mencari uang dan hidup mewah.

Cara untuk mendapatkan uang 10 juta dengan mendapatkan uang 1 milyar tentunya akan berbeda bukan?

Jangankan untuk mendapatkan, mengubah uang 1 juta menjadi 10 juta akan lebih mudah daripada mengubah uang 1 Milyar menjadi 10 Milyar.

Yang perlu kita tekankan disini adalah, kita tidak perlu kaya untuk bebas secara finansial. Percaya atau tidak, masih banyak sekali orang kaya tetapi tidak bebas secara finansial.

Alasan kenapa mereka kaya tetapi tidak bebas secara finansial karena mereka tidak menciptakan sistem yang membuat uang bekerja untuknya, sehingga seumur hidup bekerja untuk uang dan mempertahankan kekayaannya.

Orang bekerja keras mengorbankan waktu dan tenaga untuk menjadi kaya dan mengharapkan kebebasan finansial. Sedangkan kebebasan finansial membutuhkan waktu dan upaya yang lebih sedikit daripada menjadi kaya.

Mencapai kebebasan finansial sangat sederhana, kita hanya perlu membedakan antara kaya dan bebas finansial, setelah kita bisa membedakan keduanya baru mengejar kekayaan.

Intinya sih, kebebasan finansial baru bisa dicapai kalau pendapatan pasif kita sudah cukup memenuhi kebutuhan bulanan kita. Misal, kebutuhan bulanan kita 10 juta, maka kita baru bisa bebas secara finansial jika penghasilan pasif kita adalah sebesar 10 juta.

Nah, kalau kita ingin naik ke level kaya, maka yang perlu kita lakukan adalah dengan menginvestasikan kembali kelebihan dari penghasilan pasif kita pada instrumen investasi yang bertumbuh. Bisa saham, reksa dana, deposito, obligasi hingga properti.

Misalnya, ternyata dari 10 juta penghasilan pasif kita hanya terpakai 8 juta setiap bulannya, maka 2 jutanya bisa kita investasikan kembali, sehingga semakin lama penghasilan pasif kita semakin besar.

Lalu, darimana saya belajar bagaimana bebas secara finansial (passive income)?

Pertama, dari kecil memang saya di didik untuk mandiri secara diri sendiri juga keuangan.

Kedua, dari membaca buku dan belajar dari online course Passive Income Blueprint, sehingga lebih terpetakan aset apa saja yang sudah saya miliki dan sisa berapa lagi untuk mengejar kebebasan finansial saya.

Jadi kesimpulannya, kalau kita mau bebas secara finansial. Bukan bekerja keras untuk menghasilkan lebih banyak uang, melainkan kerja cerdas bagaimana caranya uang yang bekerja lebih keras untuk kita. Tetap hidup sepantasnya, jangan berlebihan. Dan terus belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here