7 Alasan Kenapa Memilih Bisnis Online

0
143

Makin hari, pengguna internet makin bertambah. Kalau dulu hanya masyarakat kelas atas, atau mereka yang tinggal di kota besar yang bisa menikmati internet dengan lancar, saat ini hampir semua orang bisa mengakses internet. Tidak peduli kaya miskin, tua muda, tinggal di desa pelosok atau di kota metropolitan.

 

Di kalangan anak-anak muda internet bak candu. Akses internet, wifi sudah seperti kebutuhan primer. Seringkali orang memilih tempat nongkrong, kafe atau restoran bukan karena menunya, tapi karena wifinya cepat.

 

Dengan adanya internet, informasi makin mudah diakses, platform sosial media bertebaran, tinggal pilih sesuai selera. Ada facebook, path, instagram, twitter, dan lain-lain. Isinya pun beragam, mulai dari curhat, berita hoax, promosi, jualan, share informasi, tips-tips sehari-hari, sampai dengan artikel serius bisa Anda temukan di internet, khususnya di sosial media.

 

Nah, dengan kemajuan teknologi ini, jangan sampai Anda hanya jadi penonton dan pengguna pasif. Ribuan (bahkan mungkin jutaan) orang berhasil mendapatkan kekayaan dan meraih mimpi berkat internet. Bisnis online / online shop adalah salah satu bentuk memanfaatkan internet untuk meraih sukses.

 

Jika Anda tertarik, namun masih ragu untuk ikut menjajal gurihnya bisnis online, berikut saya sajikan beberapa alasan kenapa Anda baiknya segera memulai bisnis online Anda.

 

  1. Bisnis Online itu MUDAH
    Dibandingkan jenis bisnis yang lain, memulai bisnis online relatif jauh lebih mudah. Jika Anda bisa berbalas pesan melalui smartphone Anda, atau bisa berselancar di dunia maya dengan notebook atau dekstop Anda, berarti Anda bisa memulai bisnis online.

 

  1. Bisnis Online itu MINIM MODAL
    Jika jenis bisnis yang lain butuh modal besar, bisnis online sebaliknya. Anda tidak butuh modal besar, bahkan bisa Anda mulai tanpa modal. Anda bisa mulai dengan menjualkan barang orang lain, baik menjadi reseller atau dropshipper.
    Jika Anda ingin menjual produk sendiri tapi minim modal, Anda bisa membuat sistem open PO, dimana customer membayar lebih dulu baru Anda buatkan produknya dan Anda kirimkan dalam beberapa hari / minggu.

 

  1. Bisnis Online itu Pilihan PRODUK-nya BANYAK
    Di bisnis online, Anda nyaris bisa jualan apa saja, tentunya yang halal dan tidak melanggar hukum yaa. Mulai dari baju, produk kecantikan, buku, bahkan makanan bisa Anda pasarkan lewat bisnis online.
    Jika Anda tidak klik untuk menjual produk, Anda juga bisa berjualan jasa di bisnis online. Misalnya jasa membuat website, jasa mendesain logo, jasa fotografi produk online shop. Intinya Anda hanya harus kreatif. 🙂

 

  1. Bisnis Online itu PASAR-nya LUAS
    Jika di bisnis offline pasar kita terbatas pada orang di sekitar lokasi toko kita, maka bisnis online sebaliknya. Pasar bisnis online terbuka sangat luas. Anda tinggal di kota A, bisa saja produk Anda sampai di kita B, C ,D dst atau bahkan di negara lain.
    Di bisnis online, Anda bebas menyasar segment market yang sesuai dengan produk Anda. Tua-muda, wanita – pria, ibu-ibu atau wanita single, pegawai atau pengusaha dan lain-lain, terserah Anda. Mereka semua bisa Anda temukan di internet.

 

  1. Bisnis Online itu SIMPLE
    Menjalankan bisnis online itu tidak perlu ribet. Anda bisa menjalankan bisnis Anda kapan saja dimana saja. Bahkan sambil berlibur, sambil bergulung di tempat tidur, Anda tetap bisa menjalankan bisnis.
    Di bisnis online, Anda tidak dibatasi oleh lokasi fisik / toko fisik, juga waktu. Namun demikian, bisnis online menuntut komitmen Anda. Sama dengan pelaku bisnis online, bagi konsumen belanja online bisa dilakukan kapan saja dimana saja. Maka biasanya konsumen menginginkan respon cepat dari Anda.

 

  1. Bisnis Online itu GAMPANG PROMOSI-nya
    Biasanya, biaya promosi menelan prosentase yang cukup besar dari keseluruhan biaya dalam bisnis. Ini karena butuh biaya yang besar untuk pembuatan media-media promo, seperti leaflet, spanduk, iklan, dan lain lain.
    Namun tidak demikian dalam bisnis online. Biaya promosi bisa sangat murah bahkan gratis di awal. Anda bisa mempromosikan bisnis Anda di platform sosial media Anda, di channel pribadi Anda seperti BBM, Whatsapp, Line. Yang penting Anda tetap menjaga etika dan tidak mengganggu sahabat Anda saat berpromosi.
    Seiring membesarnya bisnis Anda, menggunakan iklan berbayar di media sosial bisa jadi pilihan. Namun tak perlu khawatir, budgetnya bisa Anda atur agar tak menguras cash flow bisnis Anda.

 

  1. Bisnis Online itu CEPAT DAPAT DUIT-nya
    Hal yang menyenangkan dari bisnis online adalah transaksi yang berlangsung cepat dan real time. Pada saat customer / pembeli setuju membeli produk Anda, maka saat itu juga sejumlah uang ditransfer ke rekening Anda. Mudah dan cepat. Yang perlu Anda perhatikan, pastikan Anda memisahkan rekening bisnis dan rekening pribadi ya.

 

Nah, itu tadi beberapa poin yang bisa saya bagikan tentang asyiknya berbisnis online.
Yuk, mulai bisnis Anda segera 🙂

SHARE
Next articleBersyukur untuk Bahagia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here